Demo Site

Jumat, 12 Maret 2010

Ada apa dengan Mahasiswa..??


Dengan tanpa menghiraukan terik matahari, peluh yang bercucuran, dan kelelahan yang menyergap sekelompok mahasiswa dari berbagai universitas berdiri di depan gedung MPR dimana sedang diadakan rapat paripurna putusan bank century..

Mahasiswa2 itu tampak kompak bergabung sesama mahasiswa walaupun tidak saling mengenal, bahkan mereka pun kompak dengan seluruh elemen masyarakat yang pagi itu datang untuk menyampaikan aspirasinya di depan gedung MPR..

Sangat indah melihat bagaimana mahasiswa dapat menjadi suatu elemen yang dapat diandalkan oleh masyarakat untuk mengawasi pemerintahan,, hal itu juga terjadi sampai pada akhirnya Presiden Soeharto mengundurkan diri pada tahun 1988..

Namun miris ketika melihat salah satu universitas di makassar terlibat baku hantam dengan para polisi daerah,, kabar yang terdengar adalah adanya penyerangan terhadap basecamp yang dilakukan oleh kepolisian daerah makassar..mahasiswa yang tentu saja tidak terima perlakuan seperti itu segera balas menyerang dengan menghancurkan pos2 polisi yang ada di daerah sekitar..

Masalah lain yang benar2 menggelitik telinga dan membuat hati miris adalah ketika beberapa bulan yang lalu salah satu universitas di sumatera (bagiannya saya lupa) berdemonstrasi anarkis yang sampai mengakibatkan Ketua DPRD sumatera itu meninggal dunia..

Tapi apa yang terjadi??

Sampai masalah tersebut selesai tidak ada satupun mahasiswa dari universitas lain melakukan suatu tindakan yang setidaknya dapat menghentikan atau setidaknya menghindarkan makin membesarnya permasalahan itu..


Timbul pertanyaan :

Apakah mahasiswa akan kompak,, akan bersatu hanya bila pemerintahlah yang menjadi sasaran tembak??

Mengawasi kinerja pemerintahan adalah salah satu tugas yang paling vital bagi mahasiswa,, namun terlepas dari pada itu rasa persatuan yang ada baiknya dipupuk walaupun tidak ada kasus2 seperti century..

Buka mata buka telinga kawan,,saat ini sudah bukan lagi saatnya untuk mendemo kebijakan2 kecil universitas masing2,,tetapi harus melihat ke dunia luar kampus,,dimana saya harus berada untuk membantu siapa yang membutuhkan bantuan saya? Dan bagaimana cara saya membantu??

(karena tampaknya unjuk rasa dengan kekerasan sudah tidak mempan untuk dilakukan di negara ini)

Jangan lupa kawan,,kita adalah pahlawan yang berpendidikan..

Semangat para pemuda..cipatakan kedamaian di negara ini.. ^^V



3 komentar:

Blooges mengatakan...

Yah inilah demokrasi yang salah.., saat ini demokrasi sudah kearah anarkis...

Yahoo VS Google mengatakan...

demokrasi kita dagh kebablasan sob.. titik! :D

davidhelmiericson mengatakan...

tmen2 bener..
niatan mendirikan suatu demokrasi yang baik tapi tanpa keteraturan sama juga boong..

recent comment